MOTOR UNIVERSAL
Motor universal adalah motor seri arus bolak balik.
Konstruksi maupun karakteristiknya sama dengan motor seri arus searah (motor
seri dc). Keuntungan motor universal dapat dioperasikan dengan sumber tegangan
bolak‐balik atau dengan tegangan
arus searah pada nilai tegangan yang sama. Statornya dapat berupa sepatu kutub
(salient pole) maupun stator silinder
(non salient). Stator sepatu kutub umumnya untuk daya 250 watt (1/4 Hp) ke
bawah, sedangkan stator non salient dioperasikan untuk daya di atas 250 watt.
Pengaturan kecepatan motor universal dapat dilakukan
dengan dua cara;
1. Tahanan
depan
Tahanan depan (rheostat
resistance) dihubungkan seri dengan motor. Tahanan depan yang diatur bervariasi
akan memberikan tegangan masuk bervariasi pada motor.
2. Kumparan
medan
Kumparan medan dibuat
dalam beberapa tingkat (step) untuk memberikan variasi impedansi lilitan medan,
sehingga fluks medan terhadap kecepatan sesuai dengan rumus dasar motor
listrik.
Dengan pegaturan tap‐tap lilitan medan (impedansi medan) maka
kecepatan motor dapat diatur.

Gambar
19. Konstruksi motor universal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar